Selamat Datang

Belajar Statistika Terapan merupakan blog baru untuk mendukung pembelajaran blended learning mata kuliah Statistika Terapan bagi mahasiswa Faperta Undana. Blog sedang dalam pembuatan sehingga belum dapat menyediakan layanan secara penuh. Silahkan berkunjung kembali untuk memperoleh informasi mengenai fitur layanan dukungan pembelajaran yang diberikan melalui blog ini. Mohon berkenan menyampaikan komentar dengan mengklik tautan Post a Comment di bawah setiap tulisan.

Jumat, 02 September 2022

1.1. Hakikat, Ruang Lingkup, dan Tujuan Mempelajari Statistika

Sebagai orang Indonesia, tentu Anda makan nasi. Tentu Anda tahu bahwa nasi dibuat dari beras, beras diolah dari gabah, dan gabah dipanen dari tanaman padi. Sebagai mahasiswa pertanian, tahukan Anda berapa luas sawah di seluruh Indonesia? Lalu berapa jumlah produksi gabah dari seluruh sawah yang ada di Indonesia? Lalu apakah jumlah produksi dari seluruh luas sawah yang ada di Indonesia mencukupi untuk dikonsumsi oleh seluruh penduduk Indonesia? Untuk menjawab semua pertanyaan ini, Anda memerlukan data dan statistika. Untuk itu, pada materi kuliah ini kita akan membahas hakikat statistika, ruang lingkup statistika, dan tujuan mempelajari statistika.
1.1.1. MATERI KULIAH

1.1.1.1. Membaca Materi Kuliah
Hakekat (Hakikat) Statistika
Hakekat statistika bisa kita artikan bermacam-macam. Untuk mengetahui itu, pertama-tama kita perlu mencari arti kata hakekat di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Caranya sangat mudah, tinggal akses KBBI daring dan kemudian ketik kata hakekat di dalam kotak pencarian. Hasilnya ternyata hakekat bukan merupakan kata baku. Ketika kita mengetikkan kata hakekat di dalam kotak pencarian dan kemudian menekan tombol Enter ternyata hasilnya meminta kita untuk merujuk kepada kata hakikat yang merupakan kata baku. Setelah mengklik kata hakikat, ternyata hakikat merupakan kata benda yang mempunyai dua arti kata hakikat: (1) inti sari atau dasar dan (2) kenyataan yang sebenarnya (sesungguhnya). Jadi dengan demikian, hakikat statistika berarti inti sari atau dasar statistika dan kenyataan statistika yang sebenarnya (sesungguhnya).

Untuk memahami inti sari atau dasar statistika, mari kita bandingkan dengan statistik. Sebagai mahasiswa Anda tentu sudah tahu bahwa di negara kita terdapat institusi pemerintah dengan nama Badan Pusat Statistik. Berarti statistika (statistics) berbeda dari statistik (statistic). Untuk mencari tahu apa perbedaannya, silahkan ketik statistik vs statistika di dalam kotak pencarian Google. Anda akan memperoleh banyak pilihan, silahkan klik satu per satu. Jika belum puas dengan hasil yang diperoleh, silahkan lakukan pencarian menggunakan bahasa Inggris dengan mengetikkan statistic vs statistics. Anda juga akan memperoleh banyak jawaban, tapi kali ini dari situs-situs yang memang sengaja dibuat untuk tujuan tertentu, seperti misalnya situs AskDifference. Untuk mendapat jawaban yang ilmiah, tentu Anda perlu membaca buku-buku teks mengenai statistika.

Statistic, yang merupakan Bahasa Inggris dari kata statistik, ternyata bisa merupakan kata sifat maupun kata benda yang masing-masing mempunyai beberapa arti, sedangkan statistics yang merupakan Bahasa Inggris dari kata statistika ternyata merupakan kata benda yang juga mempunyai beberapa arti. Sebagai kata sifat, statistik juga bisa ditulis sebagai statistis (statistical), sedangkan sebagai kata benda dituliskan hanya sebagai statistik. Dalam kaitan dengan mata kuliah yang sedang kita pelajari, statistik merupakan kata benda yang berarti data yang terdiri atas kumpulan angka. Sebagai contoh, silahkan unduh publikasi termutakhir kecamatan, kabupaten/kota, atau provinsi dalam angka dari situs BPS Kabupaten/Kota atau situs BPS Provinsi, misalnya Kota Kupang dalam Angka 2022 dan Provinsi Nusa Tenggara Timur dalam Angka 2022. Di dala kedua buku itu Anda akan menemukan statistik.

Lalu apa itu statistika? Anda mungkin sudah tahu bahwa bahasa Inggris fisika adalah physics. Anda tentu sudah tahu bahwa fisika adalah ilmu mengenai benda fisik. Bertolak dari pemahaman ini, Anda akan dengan mudah bisa mengetahui bahwa statistika adalah ilmu mengenai statistik. Jika demikian, apa yang dipelajari dalam statistika? Yang jelas tentu saja bukan hanya menyajikan data dalam bentuk angka-angka dalam tabel sebagaimana yang bisa Anda temukan dalam buku-buku kabupaten/kita atau provinsi dalam angka. Statistika merupakan ilmu yang mempelajari pengumpulan, pengorganisasian, penganalisisan, dan penyajian hasil analisis data sedemikian sehingga data yang diperoleh, dianalisis, dan kemudian disajikan hasil analisisnya merupakan data yang mencerminkan realitas.

Mengapa data harus mencerminkan realitas? Untuk menjawab pertanyaan ini kita terlebih dahulu perlu menjawab pertanyaan apa sebenarnya yang dimaksud dengan data dan dengan realitas. Data merupakan bentuk jamak dari kata datum. Oleh karena itu, menyebut data-data sebenarnya dilakukan hanya oleh orang yang tidak memahami data itu sebenarnya apa. Ketika membaca buku-buku dalam angka dari BPS, Anda mengetahui bahwa statistik merupakan kumpulan data yang disajikan dalam bentuk angka. Namun data tidak hanya terdiri atas angka. Tanpa judul baris dan judul kolom pada tabel yang menyajikan angka dan juga judul tabel itu sendiri, kumpulan angka-angka dalam buku-buku dalam angka bukanlah data. Sebab meskipun statistika berfokus terutama pada data dalam bentuk angka, angka bisa berperan sebagai data hanya jika disertai dengan keterangan mengenai angka-angka itu. Keterangan itu mengaitkan angka-angka dalam tabel dengan realitas yang diwakilinya. Misalnya, angka-angka dalam tabel dengan judul baris nama kabupaten, judul kolom produksi jagung, dan judul tabel produksi jagung Provinsi NTT Tahun 2021 menjadi angka-angka yang mewakili realitas mengenai produksi jagung setiap kabupaten/kota di Provinsi NTT pada 2021.

Ruang Lingkup Statistika
Dari definisinya Anda bisa menentukan bahwa secara substansi, ruang lingkup statistika mencakup pengumpulan, pengorganisasian, analisis, dan penyajian analisis data. Pengumpulan data berkaitan dengan bagaimana data harus dikumpulkan agar benar-benar dapat mencerminkan realitas yang diwakilinya. Pengorganisasian data berkaitan dengan bagaimana agar data yang sudah dikumpulkan dapat dipahami informasinya. Analisis data berkaitan dengan apa yang perlu dilakukan agar data yang sudah diorganisasikan dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan. Akhirnya, bagaimana agar keputusan yang diperoleh dari melakukan hasil analisis data dapat dipahami oleh orang lain yang terkait dengan pengambilan keputusan. Untuk mempelajari ini semua tentu diperlukan waktu dan kemauan untuk belajar.

Mempelajari statistika perlu dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah yang benar agar tidak membingungkan. Namun sebelum menentukan langkah-langkah yang perlu dilakukan, perlu dibedakan bahwa statistika terdiri atas statistika murni (pure statistics) dan statistika terapan (applied statistics). Silahkan cari di Google, apa yang dimaksud dengan setatistika murni dan statistika terapan dengan mengetikkan dalam Bahasa Indonesia dan dalam Bahasa Inggris. Pada dasarnya, statistika murni merupakan batang dari pohon statistika yang fokusnya adalah mengembangkan statistika sebagai ilmu. Di bidang pertanian, tentu saja kita tidak perlu mempelajari statistika murni, melainkan mempelajari statistika terapan untuk kita gunakan sebagai instrumen dalam mengumpulkan, mengorganisasikan, menganalisis, dan menyajikan hasil analisis data.

Setelah mengetahui bahwa statistika yang perlu kita pelajari dalam bidang pertanian adalah statistika terapan, selanjutnya kita dapat menentukan langkah-langkah yang sebaiknya kita lakukan dalam mempelajari statistika terapan, khususnya statistika terapan dalam bidang pertanian. Untuk mempelajari statistika terapan dalam bidang pertanian, kita bisa memulai dari data yang kita kumpulkan sendiri. Agar data dapat kita kumpulkan sebagai perwakilan dari realitas maka kita mulai dengan mempelajari cara mengumpulkan data dalam statistika. Selanjutnya kita perlu mengetahui bahwa data yang kita kumpulkan, meskipun sudah kita usahakan dapat mewakili realitas, tetap berpeluang tidak sepenuhnya bisa mewakili realitas. Oleh karena itu kita perlu mempelajari teori peluang. Setelah itu kita lanjutkan dengan mempelajari bagaimana mengorganisasikan data yang sudah kita kumpulkan dalam bentuk tabel dan grafik, terutama dengan membuat sebaran frekuensi data agar data yang kita kumpulkan data kita suai (fitting) dengan sebaran frekuensi yang nantinya digunakan sebagai dasar dalam melakukan analisis data.

Gambar 1.1.1.
Statistika itu apa?
Peluang itu apa?
Statistika inferensial itu apa?
Dalam perjalanan kita mempelajari statistika terapan tersebut di atas, kita dapat membedakan statistika menjadi dua kategori. Kategori pertama adalah statistika deskriptif (descriptive statistics) dan kategori kedua adalah statistika inferensial (inferential statistics). Silahkan klik tautan atau ketik di dalam kotak pencarian Google dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris untuk mendalami perbedaannya. Pada dasarnya, statistika deskriptif, sesuai dengan namanya, merupakan bagian dari statistika yang berkaitan dengan pengorganisasian, penyajian, dan analisis data tanpa melalui langkah pengujian hipotesis mengenai sejauh mana data bisa mewakili realitas. Statistika inferensial adalah kelanjutannya, setelah mengorganisasikan, menyajikan, dan dan menganalisis data secara deskriptif, dilanjutkan dengan menggunakan data untuk melakukan pengujian hipotesis untuk menentukan sejauh mana data mereprentasikan realitas yang hipotesisnya diuji. Dari pengertian ini, dapat dipahami bahwa membedakan statistika menjadi statistika deskriptif dan statistika inferensial didasarkan pada penggunaan statistika dalam menganalisis data.


Gambar 1.1.2.
Berapa besar peluang mendapat taksi pada saat 
hujan lebat seperti ini?
Untuk Apa Mempelajari Statistika?
Misalkan sedang musim hujan dan Anda perlu keluar rumah mengendarai motor ke suatu tempat. Tentu saja Anda tidak ingin basah kuyup kena hujan dalam perjalanan. Untuk itu Anda perlu memutuskan, apakah perlu atau tidak perlu membawa jas hujan. Untuk mengambil keputusan mengenai perlu atau tidak perlu membawa jas hujan, Anda memerlukan data. Pertama adalah data mengenai jarak tempat yang Anda tuju, berapa kilometer dari rumah Anda. Kedua adalah keadaan jalan menuju tempat yang Anda tuju, apakah dalam keadaan baik atau rusak sehingga Anda bisa menentukan waktu tempuh yang diperlukan untuk sampai di tujuan. Ketiga adalah data mengenai jam keberangkatan Anda, apakah pagi, siang, atau sore. Mungkin yang terakhir, adalah data mengenai berapa lama Anda akan berada di tempat tujuan untuk menentukan jam berapa akan kembali ke rumah. Uraian ini hanyalah sekedar contoh bahwa dalam kehidupan sehari-hari sekalipun Anda memerlukan statistika sehingga Anda perlu mempelajarinya.

Sebagai mahasiswa pertanian Anda perlu mempelajari statistika untuk dua tujuan utama. Tujuan pertama adalah mempelajari statistika sebagai sarana penalaran yang Anda perlukan sebagai dasar untuk berpikir kritis (critical thinking). Dalam konteks ini, statistika kita pelajari sebagai sarana penalaran induktif (inductive reasoning), yaitu sarana mengambil kesimpulan berdasarkan pernyataan mengenai bagian-bagian dari realitas. Misalnya, sekian lama Anda sudah melihat bahwa pohon gamal di kampus Faperta selalu menggugurkan daun pada musim kemarau. Berdasarkan pada data mengenai pohon gamal menggugurkan daun pada musim kemarau di kampus Faperta, Anda bisa menyimpulkan bahwa pohon gamal di kampus Undana menggugurkan daun pada musim kemarau. Tujuan kedua Anda mempelajari statistika adalah untuk mengumpulkan, mengiorganisasikan, menganalisis, dan menyajikan hasil analisis data. Tujuan pertama akan kita pelajari sebagai bagian dari mempelajari tujuan kedua, terutama pada tahap mengumpulkan data, menganalisis data, dan menyajikan hasil analisis data.

1.1.1.2. Pustaka Materi Kuliah
Materi kuliah yang Anda baca ini hanyalah semacam panduan mengenai bagaimana seharusnya Anda mempelajari materi kuliah ini. Untuk mempelajari materi kuliah ini lebih lanjut, Anda perlu membaca pustaka sebagai berikut:
  • Buku Teks: Bowen (2022) Chapter 1, Salkind (2017) Chapter 1, Smith & Gonick (1993) Chapter 1. Silahkan klik tautan untuk mengunduh buku teks GRATIS.
  • Website: (1) Bookboon Maths and Stats e-books: Buku teks e-book statistika dan matematika gratis untuk mahasiswa S1, perlu melakukan registrasi, (2) StatLib: Distribusi program aplikasi, kumpulan data, dan informasi mengenai statistika, (3) StatSci.Org: Daftar website yang memuat sumberdaya statistika, (4) Virtual Laboratories in Probability and Statistics: Menyediakan sumberdaya statistika untuk diakses dan digunakan secara gratis oleh mahasiswa dan dosen. Silahkan klik untuk berkunjung, siapa tahu bertemu jodoh, dan (5) Wallstreet Mojo Statistics: What is Statistics, memuat penjelasan yang disertai dengan infografik yang menarik, untuk mengakses harus mendaftar menggunakan akun email.
Silahkan mengklik halaman Pustaka Kuliah untuk mengakses dan mengunduh buku teks, mengakses perpustakaan daring dan mengunduh buku teks gratis, mengakses websites, dan mengakses artikel jurnal ilmiah.

1.1.2. PENDALAMAN MATERI KULIAH

1.1.2.1. Mendiskusikan dengan Cara Membagikan Materi Kuliah
Setelah membaca materi kuliah, silahkan bagikan materi kuliah melalui media sosial yang dimiliki disertai dengan mencantumkan status tertentu, misalnya "Saya sekarang baru tahu ternyata statistika terapan itu menyenangkan  ... dst." Untuk membagikan lauar klik tombol Beranda dan kemudian klik tombol pembagian memalui media sosial dengan mengklik tombol media sosial yang tertera di sebelah kanan judul materi kuliah. Jika media sosial yang dimiliki tidak tersedia dalam ikon yang ditampilkan, klik ikon paling kanan untuk membuka ikon media sosial lainnya. Materi kuliah dibagikan paling lambat pada Senin, 4 September 2023 pukul 24.00 WITA dengan cara menjawab pertanyaan pada laporan melaksanakan kuliah.

1.1.2.2. Mendiskusikan dengan Cara Menyampaikan dan/atau Menanggapi Komentar
Setelah membaca materi kuliah, silahkan buat minimal satu pertanyaan dan atau komentar mengenai materi kuliah. Buat pertanyaan secara langsung tanpa perlu didahului dengan selamat pagi, selamat siang, dsb., sebab belum tentu akan dibaca pada jam sesuai dengan ucapan selamat yang diberikan. Ketik pertanyaan atau komentar secara singkat tetapi jelas, misalnya "Mohon menjelaskan apa manfaat mempelajari statistika terapan". Pertanyaan dan/atau komentar diharapkan ditanggapi oleh mahasiswa lainnya dan setiap mahasiswa wajib menanggapi minimal satu pertanyaan dan/atau komentar yang disampaikan oleh mahasiswa lainnya. Pertanyaan dan/atau komentar maupun tanggapannya disampaikan paling lambat pada Senin, 4 September 2023 pukul 24.00 WITA dengan cara menjawab pertanyaan pada laporan melaksanakan kuliah.

1.1.2.3. Mengerjakan dan Melaporkan Projek
Untuk mempersiapkan mengerjakan projek menyusun proposal penelitian yang harus dikerjakan oleh setiap mahasiswa, silahkan melakukan sebagai berikut:
  1. Mengunduh dan menyimpan file buku Kota Kupang dalam Angka 2022 dari situs BPS Kota Kupang.
  2. Mengunduh dan menyimpan file buku Provinsi Nusa Tenggara Timur dalam Angka 2022 dari situs BPS Provinsi NTT.
  3. Membuka file untuk memeriksa data, misalnya membandingkan jumlah penduduk Kota Kupang dari tabel Proyeksi Penduduk, Laju Pertumbuhan Penduduk, Distribusi Persentase Penduduk, Kepadatan Penduduk, Rasio Jenis Kelamin Penduduk Menurut Kecamatan 2021 dalam buku Kota Kupang dalam Angka 2022 dengan jumlah penduduk Kota Kupang dalam tabel Penduduk, Laju Pertumbuhan Penduduk, Distribusi Persentase Penduduk, Kepadatan Penduduk, dan Rasio Jenis Kelamin Penduduk Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Nusa Tenggara Timur, 2020 dan 2021 (gunakan data tahun 2021) dalam buku dalam buku Provinsi NTT dalam Angka 2022. Apakah datanya sama atau berbeda, berikan penjelasan mengapa harus sama atau mengapa bisa berbeda.
Selahkan menggunakan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan 1-3 untuk mengerjakan Laporan Projek Kuliah.

1.1.3. ADMINISTRASI PELAKSANAAN KULIAH

Mengingat kesulitan mengakses situs SIADIKNONA pada saat kuliah luring, silahkan menandatangani daftar hadir dan memasukkan laporan tugas kuliah dengan mengklik tautan di bawah ini,

Untuk melaksanakan kuliah 1 yang dijadwalkan pada SIADIKNONA pada Selasa, 22 Agustus 2023, silahkan klik untuk mengunduh file RPS dan file Kontrak Kuliah untuk didiskusikan bersama semua mahasiswa lalumenandatangani daftar hadir dan memasukkan file kontrak kuliah yang sudah ditandatangani sebagai laporan melaksanakan kuliah dan mengerjakan tugas dengan mengklik tautan berikut ini:
  1. Menandatangani Daftar Hadir Melaksanakan Kuliah selambat-lambatnya pada Selasa, 22 Agustus 2023 pukul 24.00 WITA dan setelah menandatangani, silahkan periksa untuk memastikan daftar hadir sudah ditandatangani;
  2. Menyampaikan Laporan Melaksanakan Kuliah dan Mengerjakan Tugas selambat-lambatnya pada Minggu, 27 Agustus 2023 pukul 24.00 WITA dan setelah memasukkan, silahkan periksa untuk memastikan laporan sudah masuk.
Untuk melaksanakan kuliah 2 yang dijadwalkan pada SIADIKNONA pada, Selasa 29 Agustus 2023, silahkan menandatangani daftar hadir dan memasukkan laporan melaksanakan kuliah dan mengerjakan tugas dengan mengklik tautan berikut ini:
  1. Menandatangani Daftar Hadir Melaksanakan Kuliah selambat-lambatnya pada Rabu, 30 Agustus 2023 pukul 24.00 WITA dan setelah menandatangani, silahkan periksa untuk memastikan daftar hadir sudah ditandatangani;
  2. Menyampaikan Laporan Melaksanakan Kuliah dan Mengerjakan Tugas selambat-lambatnya pada Senin, 4 September 2023 pukul 24.00 WITA dan setelah memasukkan, silahkan periksa untuk memastikan laporan sudah masuk.
Mahasiswa yang tidak mengisi dan menandatangani Daftar Hadir Melaksanakan Kuliah dan tidak menyampaikan Laporan Melaksanakan Kuliah akan ditetapkan sebagai tidak mengikuti perkuliahan.

***********
Hak cipta blog pada: I Wayan Mudita
Diterbitkan pertama kali pada 3 September 2022, belum pernah diperbarui.

Creative Commons License
Hak cipta selurun tulisan pada blog ini dilindungi berdasarkan Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 3.0 Unported License. Silahkan mengutip tulisan dengan merujuk sesuai dengan ketentuan perujukan akademik.

36 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Apakah data yang dikumpulkan harus sesuai dengan realitas yang ada di lapangan? Bagaimana jika data yang dikumpulkan tidak sesuai dengan realitas? apakah ada dampak yang ditimbulkan? Jelaskan!
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Data yang dikumpulkan harus selalu berdasarkan realitas di lapangan. Apabila tidak sesuai maka akan terjadi beberapa kesalahan dalam proses pengumpulan, pengorganisasian, penganalisisan, dan penyajian hasil analisis data. Kesalahan pada bagian ini akan berdampak pula terhadap hasil pengambilan keputusannya.

      Hapus
    2. Data yang dikumpulkan harus sesuai dengan realitas dan fakta yang terjadi di lapangan. karena data sendiri adalah catatan atau fakta yang terjadi. oleh karena itu data statistik harus mempresentasikan realita yang ada di lapangan, sehingga apa yang terkandung dalam data harus mencerminkan apa yang terjadi di lapangan.

      Hapus
  3. Nama : Yohanes F. Neranai
    Kelas : Agroteknologi 4
    Dalam pendalaman materi terkait statistika terapan dan praktiknya di bidang pertanian, sebut dan jelaskan tantangan/kesulitan yang selalu dijumpai!

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Kesalahan saat melakukan wawancara: ini terjadi ketika pewawancara salah mencatat informasi; tidak netral atau objektif; mempengaruhi responden untuk menjawab dengan cara tertentu.
      2. Kesalahan tanggapan: ini mengacu pada jenis kesalahan yang disebabkan oleh responden dengan sengaja atau tidak sengaja memberikan tanggapan yang tidak akurat.
      3. Kesalahan dalam pemrosesan data: ini mengacu pada kesalahan yang terjadi dalam proses pengumpulan data, entri data, pengkodean, pengeditan, dan keluaran.

      Hapus
  4. Nama : Tesa Margareta Tehe Nubein
    NIM. : 2104060034
    Kelas : Agroteknologi 4 / semester 3.
    Saya ingin bertanya, apa saja tujuan mempelajari statistika terapan dalam kaitan nya dengan pertanian?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Nama: Diana Jeniawel Burga
      Prodi: Agroteknologi4/Semester 3
      Bahwa tujuan dari mempelajari statistika terapan dalam kaitannya dengan pertanian, yaitu:
      1. Untuk mengetahui sejauhmana peran statistika dalam bidang pertanian. Terutama berkaitan dengan pertanian, baik itu data pengamatan atau data pengukuran yang diperoleh dari penyiapan lahan, penanaman, pemeliharaan, sampai pada pemasaran hasil dari pertanian.
      2. Untuk mengetahui cara membuat deskripsi atau menjelaskan data tentang populasi yang diselidiki.

      Hapus
    3. Nama: Marselina Yohana Aku
      Kelas: Agroteknologi 4

      Tujuan mempelajari statistika terapan dalam bidang pertanian menurut saya dengan statistika terapan kita dapat mempelajari data pengamatan,pengukuran yang bisa diperoleh dari proses penyiapan lahan,penanaman,pemeliharaan,pemanenan,dan samapi pemasaran hasil.
      Terima kasih

      Hapus
    4. Tujuan statistika terapan kaitannya pertanian yaitu sebuah metode yang dapat digunakan perorangan atau suatu kelompok untuk mengumpulkan data pengamatan atau pengukuran yang diperoleh dari penyiapan lahan, penanaman , pemeliharaan sampai hasil pada pemasaran hasil pertanian.

      Hapus
    5. Tujuan mempelajari Statistik terapan dalam bidang pertanian adalah kita dapat mengetahui dan mempelajari data - data pengamatan ,kumpulan angka-angka yang menerangkan tentang keadaan pertanian untuk menentukan apakah pupuk, obat-obatan, varietas tanaman berpengaruh terhadap peningkatan hasil tanaman

      Hapus
  5. Nama : Hieronimus Eferistus Suhardi
    Nim : 2104060015
    Kelas : Agroteknologi 4/semester 3
    Bagaimana cara analisis data agar data yang sudah diorganisasikan dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Dominikus Darmiyanto
      Nim. : 2104060057
      Kelas. : Agroteknologi 4/ semester 3
      Cara analisis data yang baik agar data tersebut dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan adalah
      1 . Menetapkan pertanyaan yang tepat dan jelas
      2. Menumpulkan data
      3. Kemudian data tersebut dianalisis dengan baik sehingga dapat digunakan sebagai acuan dalam pengambilan keputusan

      Hapus
  6. Nama : Marselina Yohana Aku
    Kelas : Agroteknologi 4

    Mengapa statistika murni tidak diterapkan atau tidak digunakan dalam bidang pertanian?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena Pada dasarnya, statistika murni merupakan batang dari pohon statistika yang fokusnya adalah mengembangkan statistika sebagai ilmu. statistika murni itu akan mempelajari lebih dalam konsep analisis dan teori statistika itu sendiri seperti pengambilan sampel, teori statistika dan metodelogi secara lebih dalam. Di bidang pertanian, kita tidak perlu mempelajari statistika murni, melainkan mempelajari statistika terapan untuk kita gunakan sebagai panduan dalam mengumpulkan, mengorganisasikan, menganalisis, dan menyajikan hasil analisis data

      Hapus
    2. Karena statistika murni hanya fokus mengembangkan statistika sebagai ilmu, juga menggunakan rumus matematika.

      Hapus
  7. Nama : Dominikus Darmiyanto
    Nim. : 2104060057
    Kelas. : Agroteknologi 4/ Semester 3

    Jelaskan masalah apa yg akan terjadi ketika data yang diperoleh tidak sesuai dengan realitas?

    BalasHapus
  8. Nama : Hilda Maria Magdalena Gele Muga
    NIM : 2104060016
    Kelas : agroteknologi 4

    Apa yang membedakan antara dua kategori statistika yang terdiri dari statistika deskriptif dan statistika inferensial? dan apakah kedua kategori statistika ini saling berkaitan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Petronela Dada Siala
      Nim : 2104060179
      Prodi : Agroteknologi 4

      Baik saya menjawab :
      Statistik deskriptif hanya terbatas pada menyajikan data bentuk tabel, diagram, grafik. Sedangkan statistik inferensial selain mencakup statistik deskriptif juga mampu dipakai untuk melakukan estimasi dan penarikan kesimpulan terhadap populasi dari sampelnya.
      Terima kasih.

      Hapus
  9. Nama: Diana Jenaiwel Burga
    Kelas: Agroteknologi 4/ Semester 3
    1. Apakah perlu panduan yang mememadai untuk mengetahui berapa banyak data yang di butuhkan?
    2.Apa yang menyebabkan seringkali peneliti tidak benar-benar malakukan analisis data statistik tidak tepat dan tidak akurat?

    BalasHapus
  10. Nama: Elgandis Santika Uru
    Nim:2104060058
    Prodi: Agroteknelogi

    Mengapa dalam statistika deskriptif tidak dilakukan pengujian hipotesis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Novita Erlina De'es
      Nim : 2104060024
      Prodi : Agroteknologi 4
      Pertanyaan :
      Mengapa dalam statistika deskriptif tidak dilakukan pengujian hipotesis?

      Jawaban : Karena statistika deskriptif hanya memberikan informasi mengenai data yang dipunyai dan sama sekali tidak menarik inferensia atau kesimpulan apapun tentang gugus induknya yang lebih besar. Dalam statistik, uji hipotesis adalah sebuah cara kita untuk menguji apakah survey atau pengamatan yang kita lakukan memberikan hasil yang bermakna. Sehingga dalam statistika deskriptif tidak memerlukan pengujian hipotesis karena tujuannya tidak menguji hipotesis akan tetapi kumpulan data yang diperoleh akan tersaji dengan ringkas dan rapi serta dapat memberikan informasi inti dari kumpulan data yang ada.

      Hapus
  11. Nama : Petronela Dada Siala
    Nim : 2104060179
    Prodi : Agroteknologi

    Di bidang pertanian apakah Statistika dapat di gunakan untuk memprediksi suatu masalah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Anjelia usatnesi
      Nim : 2104060048
      Prodi : Agroteknologi

      Jawab : bidang pertanian, penerapan ilmu statistika digunakan untuk mempelajari data pengamatan atau pengukuran yang diperoleh dari penyiapan lahan, penanaman, pemeliharaan sampai pada pemasaran hasil pertanaian.

      Hapus
  12. Mengapa data yang sudah dikumpulkan dan sudah diusahakan dapat mewakili realitas, tetapi tetap berpeluang tidak sepenuhnya bisa mewakili realitas?

    BalasHapus
  13. Nama : Anjelia Usatnesi
    Nim : 2104060048
    Prodi : Agroteknologi 4

    Jelaskan manfaat mempelajari statistika terapan dalam bidang pertanian ? Dan berikan contohnya

    BalasHapus
  14. Nama : Omry B. Klaly
    Nim : 2104060175
    Kelas : Agroteknologi 4
    Semester : 3

    Bagaimana peranan statistik dalam pertanian?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di bidang pertanian, penerapan ilmu statistika digunakan untuk mempelajari data pengamatan atau pengukuran yang diperoleh dari penyiapan lahan, penanaman, pemeliharaan sampai pada pemasaran hasil pertanaian

      Hapus
  15. Nama : Stefania Cahyani Jelita
    Nim : 2104060032
    Kelas : Agroteknologi 4


    Bagaimana mengatasi pengumpulan
    data yang tidak sesuai dengan realitas dan apa yang menjadi dasar pertimbangan dalam menentukan metode pengumpulan data

    BalasHapus
  16. Nama: Oswaldus Guerikus Taena
    NIM: 2104060176
    Prodi: Agroteknologi 4
    Semester 3
    Pertanyaan: Mengapa data harus sesuai dengan realitas?

    BalasHapus
  17. Apa tugas lain dari BPS selain menganalisis data

    BalasHapus
    Balasan
    1. tugas lain dari BPS selain menganalisis data adalah pengumpulan data, penyediaan informasi statistik, penyusunan indikator statistik, publikasi statistik dll.

      Hapus
  18. Bagaiman ketika data yang kita analisis tidak sesuai dengan realitas?

    BalasHapus
  19. Yosefina Glasia
    2204060114
    Apa tujuan utama dari mempelajari statistika, dan bagaimana hal itu berkaitan dengan analisis data?

    BalasHapus
  20. Ewaldus Tan
    2204060090
    kls agt 4
    Bagaimana cara membandingkan data jenis kelamin antara dua kelompok atau lebih?

    BalasHapus